Dua mahasiswa dari University of Leeds di United Kingdom (Inggris) berkesempatan hadir di SMK Negeri 4 Kota Jambi  dalam kegiatan Leeds Student Program for Jambi 2023. Kedua mahasiswa tersebut yakni Madhiya Hussain dan Gergely Kajos melihat secara langsung pembelajaran praktek yang dilaksanakan di Kompetensi Keahlian Kuliner dan Kompetensi Keahlian Busana pada hari ini Selasa (25/6).

 

Mereka juga berbagi pengalaman sebagai mahasiswa, minat dan ketertarikannya dengan budaya Indonesia khususnya Kota Jambi. Peserta didik juga berkesempatan berdiskusi dalam bahasa Inggris bersama Madhiya dan Gergely. Hal ini merupakan kesempatan yang baik dalam praktek bahasa Inggris dengan penutur asli  jelas Ibu Marlini, M.Pd. guru bahasa Inggris SMK Negeri 4 Kota Jambi.

Madhiya dan Gergely didepan para peserta didik juga menjelaskan bahwa ia sangat tertarik dengan kota Jambi, budaya juga masakan khasnya. Bagaimana ia melihat sendiri peserta didik mengolah masakan tersebut dan mecicipi hasil praktek seperti tempoyak ikan patin, cah kangkung, sambal jengkol dan Jelatah Kacang dalam jamuan makan siang yang disediakan oleh para peserta didik.

 

“Dengan adanya kegiatan wisata study dari University of Leeds ini menjadi motivasi tersendiri dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris yang kami miliki” Ungkap Fatimah kelas XI TBG2. Gergely Kajos juga mengatakan bahwa ia sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan peserta didik dalam sebuah komunitas yakni English Club, pelayanan SMK Negeri 4 Kota Jambi sebagai tuan rumah dan juga pembelajaran di SMK Negeri 4 Kota Jambi yang menambah pengetahuannya tentang budaya Jambi.

Selain berkeliling di dapur Kuliner, Madhiya dan Gergely juga masuk dalam kelas praktek Busana, dimana Bapak Presiden Jokowi mengukur baju pesanannya ketika berkunjung ke SMK Negeri 4 Kota Jambi pada Bulan Mei lalu. Dikelas ini para peserta didik sedang melakukan praktek membuat pola celana panjang. Madhiya bertanya kepada peserta didik, tentang pakaian yang dibuat, lama pengerjaan dan lain-lain dan dijawab oleh peserta didik dengan baik. Madhya dan Gergely sangat antusias mendapatkan banyak informasi dan pengalaman mengenai pembelajaran di sekolah vokasi SMK Negeri 4 Kota Jambi.