Jenjang karir Resepsionis jika bekerja di hotel maupun manajemen gedung, dimulai dari Staf Resepsionis yang bertugas melayani para tamu perusahaan. Seorang resepsionis bekerja sesuai shift gedung atau shift manajemen hotel. Kemudian naik pangkat menjadi Supervisor. Staf yang bertugas melakukan pengawasan para resepsionis dan memberikan pelatihan bagi resepsionis baru. Tertinggi adalah Frontdesk manager, tingkatan ini biasanya ada di industri perhotelan sebagai pemimpin jalannya kegiatan bagian resepsionis atau front desk yang juga bertanggung jawab dalam proses check-in dan check-out pengunjung.
Area kerja resepsionis biasanya berada pada meja depan atau sering disebut front desk. Area ini merupakan area yang pertama kali dituju oleh tamu. Letak area ini berada di lobi bangunan. Seorang resepsionis kemudian akan menanyakan kepentingan dari klien atau pengunjung. Setelah itu resepsionis akan memberikan informasi yang dibutuhkan.
Untuk detailnya, tugas resepsionis hotel mencakup hal-hal berikut ini:
- Melayani tamu yang ingin check in dengan memeriksa ketersediaan kamar. Bila sudah, resepsionis memberikan kunci atau kartu kamar kepada pengunjung
- Melayani pemesanan kamar melalui telepon
- Mencatat daftar semua pengunjung yang datang
- Memberi tahu lokasi kamar yang sudah dipesan
- Melayani tamu yang ingin check out, yaitu meminta kembali kunci atau kartu kamar sekaligus menangani masalah pembayaran
- Melayani tamu yang ingin pindah kamar
- Melayani keluhan tamu hotel dan menindaklanjuti dengan sigap