Penelitian tindakan kelas (PTK) berasal dari istilah bahasa Inggris Classroom Action Research. PTK merupakan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh peneliti (guru) untuk memecahkan memecahkan masalah yang muncul, melakukan tindakan dalam pembelajaran dan mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut. Melalui PTK guru akan terlatih untuk mengembangkan pembelajaran dengan inovasi. Guru akan menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inovasi sebagai penerapan dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya. Selain itu kemampuan reflektif guru dalam melakukan PTK juga berpengaruh pada proses pembelajaran murid yang menyenangkan dan mengutamakan kebutuhan murid. Dengan tujuan akhir tentu bermuara pada proses pembelajaran yang melibatkan aktivitas dan kreativitas murid dan guru serta peningkatan profesionalisme guru itu sendiri.
Oleh karena itu, melalui seminar PTK di SMK Negeri 4 Kota Jambi beberapa guru melakukan seminar dengan tujuan menyampaikan proses dan hasil penelitian PTK yang telah dilakukan. Pada tanggal 25 Februari di Meeting Room Edotel SMK Negeri 4 Kota Jambi dilakukan seminar PTK oleh 4 orang guru yakni Dewi Rahmayati, M.Pd (Guru Produktif Kuliner), Marlini, M.Pd (Guru Bahasa Inggris), Yaniarti, S.Pt.M.Pd. (Guru Produktif Perhotelan) dan Fenny Marlinda, S.Pd (Guru Produktif Busana).
Selanjutnya pada tanggal 18 Maret 2023 masih di Meeting Room Edotel SMK Negeri 4 Kota Jambi kembali dilakukan penyampaian proses dan hasil PTK yang telah dibuat oleh 5 guru yakni Dewi Rahmayati, M.Pd (Guru Produktif Kuliner), Marlini, M.Pd (Guru Bahasa Inggris), Fenny Marlinda, S.Pd (Guru Produktif Busana), Sahki Batubara, M.Pd (Guru Produktif Busana) dan Jamiatun,S.Pd (Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan).
Seminar juga dilakukan secara terbuka dengan tanyajawab oleh guru lain yang mengikuti seminar tersebut dengan harapan agar semua guru termotivasi untuk melakukan tindakan yang dapat mengembangkan pembelajaran dengan inovasi dan kreatifitas guru.