Kegiatan Workshop Perancangan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Media Pembelajaran Program SMK Pusat Keunggulan SMK Negeri 4 Kota Jambi dilaksanakan selama 3 hari yakni 1 – 3 September 2022. Adapun peserta kegiatan adalah 30 orang guru mata pelajaran produktif dari Program Keahlian Kuliner, Perhotelan, Busana dan Tata Kecantikan dan Spa.
Kegiatan hari pertama dengan Komite Pembelajaran Sekolah yakni Bapak Muznibin, S.Pd. yang memperkenalkan Whiteboard Animation dengan menggunakan aplikasi Explee. Peserta tidak hanya diperkenalkan tentang manfaat Explee sebagai media pembelajaran namun juga cara membuat story line dan praktek langsung pembuatan media pembelajaran Whiteboard Animation ini.
Dihari kedua dengan materi pertama yakni Quizizz sebagai LMS/ media pembelajaran yang disampaikan oleh Ibu Riana Rahmawati, S.Pd.M.Pd. sebagai Komite Pembelajaran Sekolah. Para peserta bermain/ mengisi kuis Ice Breaking juga membuat langsung materi/ kuis sendiri yang dimainkan bersama peserta lainnya. Quizizz sendiri, merupakan aplikasi permainan pendidikan yang sifatnya naratif dan fleksibel, selain bisa dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan materi, Quizizz juga bisa digunakan, sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Materi kedua disampaikan oleh Ibu Dr. Erli Mutiara.M.Si. sebagai pendamping Perguruan Tinggi Universitas Negeri Medan mengenai perancangan implementasi kurikulum Merdeka. Efektifitas kurikulum dalam kondisi khusus menurut Dr. Erli adalah dengan semakin menguatkan pentingnya perubahan dan strategi implementasi kurikulum secara lebih komprehensif. Disampaikan beliau bahwa terdapat tiga Karakteristik kurikulum Merdeka yakni a) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar pancasila, b) Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran dan c) Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang berbeda sesuai dengan kemampuan peserta didik.
Selanjutnya dihari ketiga workshop para peserta kembali melaksanakan kegiatan pembuatan media pembelajaran yang disampaikan Narasumber dari pendamping Perguruan Tinggi Universitas Negeri Medan yakni Bapak Dr. Sarwa. Para peserta juga tidak hanya diperkenalkan dengan media pembelajaran tapi juga membuat dan bermain permainan media pembelajaran yang membuat kelas menjadi seru dan menyenangkan yakni Padlet, Slido dan Kahoot. Workshop hari terakhir ini ditutup dengan keseruan peserta bermain dan mendapatkan Door Prize dari Kepala Sekolah yang menambah keseruan workshop kemarin.
DAY 1
DAY 2
DAY 3